Tingkatkan Kerjasama, Kanwil VI KPPU Makassar Sinergi Dengan Pemrov Sulbar

Mamuju (30/1/2020) Guna implementasi kerja sama KPPU dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Kepala Kanwil VI KPPU Makassar, Hilman Pujana lakukan audiensi dengan Pemrov Sulbar. Diterima langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Enny Anggraeny. Turut hadir pula Asisten I Bidang Pemerintah, Asisten III Bidang Administrasi, Kepala Biro Hukum dan Kepala Biro Ekonomi Pembangunan.

Selain melakukan penegakan hukum persaingan usaha dan pemberian saran dan pertimbangan kepada pemerintah berkaitan dengan kebijakan yang mempengaruhi persaingan usaha dalam bentuk kajian proses pembentukan Peraturan, evaluasi kebijakan, atau rekomendasi diberlakukannya Kebijakan.

“Melalui sinergi ini, kami harap KPPU dapat berkontribusi kepada Pemrov Sulbar dalam proses review Peraturan daerah atau rancangan Peraturan daerah yang mungkin memiliki implikasi terhadap perekonomian dan persaingan usaha”, ujar Hilman. KPPU akan mendampingi Pemprov Sulbar dalam menyusun peraturan agar selaras dengan Undang-undang Persaingan usaha.

Selain itu Hilman juga menyampaikan bahwa selain tugas tersebut diatas, KPPU juga mengemban pengawasan pelaksanaan Kemitraan antara usaha besar dan usaha mikro, kecil dan menengah. KPPU bersama pemerintah dapat mendukung perkembangan masyarakat melalui program kemitraan agar pembangunan dapat dirasakan merata oleh seluruh lapisan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Enny menyampaikan terima kasih kepada KPPU karena telah bersedia melakukan upaya-upaya yang lebih mengarah pada preventif dalam rangka menciptakan iklim usaha yang sehat dan kondusif, guna memciptakan iklim investasi di daerah agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Sulbar. (mn)