Koordinasi Kepala Kanwil VI KPPU dengan Kapolda Sulsel dalam Implementasi Kerjasama.

  

 

Makassar (14/1/2020) – Kepala Kanwi l VI KPPU Makassar, Hilman Pujana, melakukan kunjungan ke Mapolda Sulsel, Selasa (14/1/2020) pagi. Kunjungan dalam rangka koordinasi pelaksanaan kerjasama KPPU dan Polri. Dalam kesempatan ini Kepala Kanwil VI KPPU Makassar bersama jajaran diterima langsung oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Drs. Mas Guntur Laupe, S.H., M.H., didampingi oleh Dirkrimsus Polda Sulsel Kombes Pol Augistinus Berlianto.

Kerjasama antar kedua lembaga penegak hukum ini meliputi sharing informasi, capacity building, dan kerjasama lainnya. Hilman Pujana menyampaikan bahwa dalam penanganan perkara oleh KPPU, lebih dari 70 persen merupakan perkara tender, yang biasanya perkara tender tersebut mengandung unsur pidana seperti pemalsuan dokumen bahkan pidana korupsi. “Selain itu KPPU juga ikut aktif dalam Satgas Pangan guna menjaga stabilitas pasokan dan harga bahan pokok. KPPU bersama Satgas pangan Polda Sulsel senantiasa terlibat dalam kegiatan-kegiatan pengawasan pangan”, Ujar Hilman Pujana.

Kepala Kanwil VI KPPU Makassar berharap kedepan koordinasi dan kerjasama bisa lebih ditingkatkan dengan mengadakan kegiatan yang melibatkan kedua lembaga antara KPPU Makassar dan Polda Sulsel.

Polda Sulsel siap mendukung langkah-langkah KPPU Makassar dalam melakukan pengawasan persaingan usaha. Sebagaimana diungkapkan Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe bahwa KPPU sangat berperan dalam pengawasan persaingan usaha. “Sehebat-hebatnya pengusaha pasti ada pengusaha yang lebih hebat, dan tidak menutup kemungkinan pengusaha yang lebih hebat itu akan mematikan pengusaha yang lain atau bisa saja para pengusaha itu saling bersekongkol. Apalagi diera digital saat ini beberapa sektor usaha sulit untuk bertahan. Sehingga disitulah peran penting KPPU diperlukan”, ujar Kapolda Sulsel. (r)