Ratusan Mahasiswa hadiri Kuliah Umum Hukum Persaingan Usaha di Auditorium Phinisi IAIN Palopo

Palopo – (15/10/2019), Ratusan mahasiswa dan dosen hadir pada kuliah umum yang digelar oleh Kanwil VI KPPU Makassar bersama Fakultas Syariah IAIN Palopo. Kuliah umum dilaksanakan di auditorium Phinisi IAIN Palopo, dengan tema “Hukum Persaingan Usaha di Indonesia”.

Kuliah umum ini digelar dalam rangka internalisasi nilai-nilai dan hukum persaingan usaha kepada mahasiswa dan civitas akademis. Bertindak selaku narasumber yaitu Kepala Kanwil VI KPPU Makassar, Hilman Pujana dengan moderator dosen Fakultas Syariah IAIN Palopo Mukhtaram Ayyubi.

Sebelum pemaparan materi kuliah umum, dilakukan launching Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) Fakultas Syariah IAIN Palopo. Launching secara simbolis ditandai dengan pemotongan pita oleh Rektor, diserahkan pada Kepala Kanwil VI KPPU Makassar. Kemudian dilanjutkan saling menukar cindera mata antara Rektor IAIN Palopo dan Kepala Kanwil VI KPPU Makassar.

Dalam sambutan Rektor, Dr. Abdul Pirol, bahwa IAIN Palopo adalah perguruan tinggi yang berdiri di Tana Luwu, telah berusia lebih dari setengah abad. Berdiri sejak tahun 1998, cabang dari IAIN Alauddin Makassar. Tahun ini IAIN Palopo berkonsentrasi pada kualitas, baik dalam pembelajaran, pengajaran maupun pengabdian pada masyarakat. “Komitmen peningkatan kualitas, karena itu, tahun mendatang kita terus memperbaik kualitas kampus maupun lulusan” ucap Rektor.

Himan Pujana menyampaikan bahwa hukum persaingan usaha sebagai aturan yang mengatur terkait pelaku usaha, agar dalam menjalankan usaha tidak melakukan tindakan praktik monopoli yang merugikan masyarakat. Hal tersebut bersesuaian dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Dimana dalam ekonomi Islam, dilarang untuk “memakan harta orang lain dengan jalan batil, melainkan atas dasar suka sama-suka” sebagaimana dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 29.

Mahasasiswa dan dosen sangat antusias mengikuti kuliah umum. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dengan rector, dekan dan dosen serta mahasiswa. (r)