Bertemu Walikota Palopo, KPPU Kanwil VI Makassar Bahas terkait Iklim Usaha Dilanjutkan Pemantauan terhadap Distributor Semen

Palopo – (15/10/2019), Kepala Kanwil VI KPPU Makassar, Hilman Pujana , bersama Kepala Bagian Administrasi Kanwil VI KPPU Makassar disambut hangat oleh Walikota Palopo, Drs. H. M. Judas Amir  dalam rangka audiensi di ruang kerja Walikota Palopo.

Dalam pertemuan tersebut membahas terkait pengembangan ekonomi dan iklim usaha di Kota Palopo. Hilman Pujana menyampaikan bahwa selain sebagai ajang silahturahim dengan walikota palopo juga untuk menjalin sinergitas dengan Pemerintah Kota Palopo dalam rangka menciptakan jalannya perekonomian dan iklim usaha agar berjalan lebih kondusif.

Hilman Pujana menambahkan bahwa akan melakukan pemantauan bersama dengan Dinas Perdagangan terkait isu yang berkembang di Kota Palopo dengan adanya kelangkaan semen.

Sementara Walikota Palopo, HM Judas Amir menyampaikan terima kasih atas tindak lanjut yang akan dilakukan dilapangan dan berharap  semoga tidak ada kendala yang dihadapi. HM Judas Amir sangat mendukung bila ada permasalahan ekonomi di Palopo, selalu dipikirkan solusi bila ada hal yang perlu didiskusikan.

Setelah audiensi dengan Walikota Palopo, Kepala Kanwil VI KPPU Makassar bersama Kadis Perdagangan Kota Palopo, Zulkifli, beserta  jajaran staf melakukan pantauan terhadap distributor semen. Pantauan dilakukan  terhadap distributor semen tiga roda, bosowa dan holcim.

Dalam pantauan tersebut terpantau stok yang terbatas. Terbatasnya stok disebabkan adanya kerusakan pabrik sehingga pasokan dari pabrik berkurang. Sementara pada semester dua tahun ini permintaan semen tinggi.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Distributor semen tiga roda, Putu, menyampaikan bahwa dalam kondisi normal  semen dipasok dari pabrik di Kalimantan Selatan tiap bulan menggunakan kapal langsung ke Palopo sebanyak 50.000 sak per bulan.

Namun saat akhir Agustus karena kerusakan pabrik di Kalsel, tidak ada lagi kiriman langsung ke Palopo. Pasokan semen didatangkan dari distributor semen tiga roda di Makassar melalui jalur darat dengan biaya lebih tinggi. Putu, menambahkan bahwa harga penjualan ke toko bangunan Rp 52.500 per sak 40 kg.

Untuk semen Bosowa informasi yang diperoleh dari Sitti, selaku distributor cabang bosowa di Palopo juga menyampaikan bahwa terjadi kerusakan pabrik sehingga pasokan terbatas. Harga penjualan semen Bosowa ke toko saat ini dijual seharga Rp 47.000 per sak.

Sementara untuk semen holcim saat ini juga mengalami hal yang sama yaitu keterbatasan pasokan dari pabrik di Cilacap. Semen holcim saat ini diual seharga Rp 45.250 per sak.

Berdasarkan hasil pantauan tersebut Hilman Pujan menyampaikan bahwa dugaan sementara kelangkaan semen disebabkan karena stok yang terbatas yang disebabkan pasokan yang menurun karena adanya kerusakan pabrik semen tiga roda di Kalsel dan Semen Bosowa, sementara permintaan semen cukup tinggi. (r)