KPPU Dukung Pemerintah Melakukan Pemantauan Harga

Beberapa harga terpantau mengalami kenaikan harga pangan jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, seperti harga daging yang menjado Rp 105 ribu per kg. Hal ini disampaikan oleh Luther Palimbong, Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, pada Rakor Pemantapan Pelaksanaan pemantauan harga dan mengantisipaso permintaan bahan pokok di Kantor Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan. (Senin, 27 Mei 2019)

Luther menyampaikan kepada tim yang ditugaskan untuk melakukan pemantuan ke Kota Makassar sebanyak lima orang, Palopo sebanyak satu orang, Pare-pare sebanyak satu orang, Bulukumba sebanyak dua orang, dan Bone sebanyak satu orang, agar tim yang ditugaskan tidak hanya fokus kepada pencatatan pasokan dan harga, tetapi juga perlu mengetahui bagaimana distribusi dari tingkat petani sampai dengan ke tingkat pedagang besar atau bandar.

Informasi yang diperoleh tim, pimpinan Luther, adanya kenaikan harga daging sapi di Kota Makassar, bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah besar. sementara itu, beberapa harga komoditas mengalami penurunan yakni bawang putih, beras yang tetap stabil, harga ayam per kg Rp 25 ribu dan cukup stabil.

Hadi Basalamah, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan, menyampaikan bahwa pemerintah daerah harus kreatif dalam melakukan program-program kerja bagi kesejahteraan masyarakat salah satunya melakukan pasar murah. Disamping itu, pemerintah juga perlu melakukan kegiatan teknis secara rutin, salah satunya ada penyampaian harga komoditas pangan setiap harinya untuk mengetahui pergerakan harga dan pasokan pada komoditas tertentu.

Yunan Andika Putra, Kepala Bagian Penegakan Hukum, menyampaikan bahwa tugas KPPU adalah melakukan pengawasan terhadap pelaku usaha, apakah ada perilaku pelaku usaha yang berpotensi melanggar UU No. 5 Tahun 1999 atau ada kerja sama diantara pelaku usaha untuk mengatur dan menentukan jumlah pasokan atau harga barang dan jasa yang dapat merugikan konsumen, serta berakibat pada persaingan usaha tidak sehat. KPPU pernah menangani beberapa perkara kartel mengenai komoditas pangan diantaranya kartel bawang putih, kartel sapi, dan saat ini sedang melakukan pemeriksaan dalam tahap persidangan mengenai kartel garam. (cda)