Jelang Idul Fitri 1440 H, TPID Sulsel Pantau Distribusi Pangan

Jelang Idul Fitri 1440 H, pasokan pangan di Kota Makassar terpantau mencukupi dan perlu pengawasan rutin untuk menjaga distribusi dan harga komoditas pangan. Hal ini terungkap dari laporan ketersediaan pangan dari Anggota TPID Provinsi Sulawesi Selatan, dalam rapat yang diadakan di Restoran Madam Rich Makassar, 23 Mei 2019.

Deputi Direktur Bank Indonesia Sulsel, Johnson Pasaribu, mengungkapkan hal yang perlu dipantau dengan rutin adalah distribusi pangan dari para distributor, khususnya komoditas impor seperti bawang putih. Harga bawang putih di Kota Makassar saat ini sudah mengalami penurunan harga dibandingkan beberapa hari lalu. Namun, semua pihak perlu mewaspadai dan saling berkoordinasi agar tidak ada hambatan pasokan kepada masyarakat.

M. Iqbal, Balai Besar Karantina Pertanian Sulsel menyampaikan bahwa pada bulan ini (Mei 2019), ada pasokan bawang putih yang masuk ke Makassar sebanyak 622 ton. Adanya pasokan ini diharapkan harga bawang putih mengalami penurunan harga, dibandingkan beberapa minggu lalu yang sempat mencapai Rp 55 ribu per kg.

Senada dengan itu, Kepala Bagian Pencegahan Kanwil VI KPPU Makassar, Charisma, menyampaikan bahwa semua pihak perlu mengawasi distributor besar bawang putih serta komoditas pangan lainnya, untuk mengurangi potensi menahan pasokan pangan. “momen Lebaran ini kesempatan bagi distributor untuk mengatur pasokan dan harga, untuk itu semua instansi perlu memperketat pemantaun pasokan dan harga di setiap distributor”, urai Charisma.(cda)