Awasi Inflasi, Komisi XI DPR RI Kunker Ke Makassar

Dalam rangka Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H/2019, Komisi XI DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik mengenai pengawasan inflasi daerah di Makassar. Anggota DPR Komisi XI yang dipimpin Amir Uskara, didampingi oleh Muhammad Nur Purnamasidi, Amirul Tamin, Bertu Merlas, dan Sukiman mengadakan diskusi dengan TPID Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan.

Diskusi dan Kunjungan kerja ini dihadiri oleh perwakilan dari Bank Indonesia, BPS Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Kantor Wilayah VI KPPU Makassar, Balai Karantina Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, Balai Karantina Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan, dan instansi lainnya. Selain itu, diskusi ini dimaksudkan sebagai pencarian informasi mengenai pelaksanaan kebiijakan pemerintah dan langkah antisipasi pemerintah untuk mengendalikan inflasi di Sulawesi Selatan.

Bambang Kusmiarso, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Selatan, menyampaikan bahwa selama tiga tahun terakhir saat bulan Ramadhan, angkutan udara merupakan satu dari sepuluh komoditas yang menyumbang inflasi pada saat Ramadhan dan Idul Fitri. Tahun 2018, komoditas penyumbang inflasi terbesar adalah ikan bandeng atau bolu yang memberikan andil sebesar 1,05 persen.

Senada dengan hal di atas, Yos Rusdiansyah menyampaikan bahwa sejak beberapa tahun kebelakang, inflasi di Sulawesi Selatan selalu lebih tinggi daripada inflasi nasional. Salah satu komoditas penyumbang inflasi yakni tarif angkutan udara, terutama pada bulan Ramadhan.

Kepala Bagian Pencegahan Kanwil VI KPPU Makassar, Charisma Desta A, menyampaikan tingginya tarif angkutan udara tidak hanya terjadi di bulan Mei 2019 saja, KPPU sudah memantau kenaikan tarif udara sejak akhir tahun 2018 dan saat ini KPPU sedang melakukan penyelidikan terkait dugaan kartel tiket pesawat udara. Tidak hanya itu, Kanwil VI KPPU Makassar juga berperan aktif dalam melakukan pemantauan harga komoditas pangan di beberapa pasar tradisonal di Makassar dan juga berkoordinasi dengan TPID serta Satgas Pangan Polda Sulsel terkait pengendalian inflasi, khususnya yang disebabkan oleh volatile food. (cda)